Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Begini 4 Cara Agar iPhone Tidak Lemot dengan Mudah dan Simple

 cara agar iphone tidak lemot


Saat ini, banyak pengguna iPhone yang mencari bagaimana cara agar iPhone tidak lemot. Karena tidak bisa dipungkiri, penggunaan perangkat iPhone dalam rentang waktu yang cukup lama tentu akan menimbulkan masalah. 

Masalah yang kerap dirasakan oleh pengguna iPhone adalah melambatnya kinerja iPhone-nya. Untuk mencegah kinerja iPhone lambat alias lemot, pengguna harus pintar-pintar melakukan pengaturan dan perawatan pada perangkat aplikasinya. 

Pengguna tidak perlu khawatir, perawatan dan pengaturan ini tidak membutuhkan aplikasi pihak ketiga dan bisa dilakukan langsung pada perangkat iPhone-nya. Penasaran bagaimana caranya? Mari simak pembahasan dibawah ini: 

1. Melakukan Restart pada Perangkat iPhone

Cara agar iPhone tidak lemot yang bisa pengguna lakukan pertama kali adalah melakukan restart pada perangkat iPhone-nya. Sebab, salah satu hal yang bisa membuat iPhone menjadi lambat adalah karena terlalu banyak cache aplikasi yang menumpuk. 

Me-restart perangkat akan otomatis membersihkan semua cache aplikasinya. Berikut langkahnya:

  • Tekan dan tahanlah tombol volume serta tombol daya, tunggu sampai muncul sebuah tombol daya di layar yang bisa di geser.

  • Jika sudah muncul, pengguna bisa menggeser tombol tersebut sampai perangkat mati.

  • Tunggu beberapa saat, kemudian hidupkan kembali perangkat. Tekan lalu tahan tombol daya sampai layar menyala dan logo iPhone muncul di layar.

2. Menonaktifkan Aplikasi Latar Belakang

Selain dapat menguras baterai, banyaknya jumlah aplikasi yang aktif di latar belakang sangat bisa membuat iPhone menjadi lemot. Menonaktifkan aplikasi latar belakang adalah salah satu cara agar iPhone tidak lemot. Bagaimana caranya? Berikut Langkah-langkahnya:

  • Pengguna bisa membuka iPhone-nya, kemudian menuju ke ‘Settings’.

  • Setelah itu pilih menu ‘General’, kemudian pilih opsi ‘Background App Refresh’.

  • Jika opsi ‘Background App Refresh’ sudah terbuka, pengguna iPhone bisa memilih aplikasi mana saja yang ingin dinonaktifkan. Cukup pastikan aplikasi yang dipilih sudah dalam posisi off.

3. Mematikan Efek Visual pada Tampilan Layar

Tidak bisa dipungkiri efek visual yang iPhone berikan pada layarnya sangat memanjakan mata penggunanya. Namun, ternyata efek visual yang digunakan terus menerus bisa membuat iPhone jadi lambat karena beban kerja iPhone menjadi lebih berat. Mematikan efek visual bisa menjadi solusinya. Begini langkahnya:

  • Bukalah menu ‘Settings’, kemudian pilih opsi ‘General’.

  • Setelah itu, pilih opsi ‘Accessibility’. Jika sudah, pengguna bisa memilih ‘Increase Contrast’.

  • Kemudian jika menu ‘Reduce Transparency’ sudah muncul, pengguna bisa mengubahnya dari posisi ‘Off’ ke ‘On’.

  • Pengguna dapat mematikan fitur ‘Motion’ melalui ‘Accessibility’, kemudian ubah ‘Reduce Motion’ yang semula ‘Off’ menjadi ‘On’.

4. Mematikan Fitur Auto-download

Fitur auto-download memang sangat membantu pengguna iPhone untuk memperbarui aplikasi secara otomatis. Pengguna tidak perlu lagi memperbarui aplikasi iPhone-nya satu persatu. Namun, fitur download ini bisa menyebabkan iPhone menjadi lemot. Pengguna bisa mengatasinya adalah dengan menonaktifkan pengaturan auto-download ini. Begini langkahnya:

  • Bukalah menu ‘Settings’, kemudian pilihlah opsi ‘iTunes & App Store’.

  • Setelah memasuki AppStore, pengguna bisa scroll layarnya sampai ke bawah untuk mencari ‘Automatic Download’.

  • Jika sudah menemukan ‘Automatic Download’, pilihlah opsi tersebut. Kemudian ubahlah pengaturan yang semula ‘On’ menjadi ‘Off’.

  • Jika sudah dinonaktifkan, iPhone tidak akan memperbarui aplikasinya lagi secara otomatis.

Itulah empat cara agar iPhone tidak lemot yang bisa pengguna langsung lakukan pada perangkat iPhone-nya masing-masing. iPhone lemot tidak lagi menjadi masalah, karena dengan keempat cara diatas, pengguna bisa mengatasi masalah-masalah yang bisa membuat perangkat iPhone-nya lemot sesuai dengan penyebabnya.

Post a Comment for "Begini 4 Cara Agar iPhone Tidak Lemot dengan Mudah dan Simple"